RSS

KD.3.3 MENGANALISIS PROSES KOMUNIKASI DATA DALAM JARINGAN

KOMUNIKASI PADA JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien  dan yang memberikan/mengirim layanan disebut server.

Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
CARA KERJA

  • Sinyal listrik maupun sinyal dalam bentuk gelombang elektromagnetik pada suatu jaringan komputer merambat / memancar dengan prinsip kerja jaringan komputer.




  • Agar suatu jaringan dapat saling bertukar informasi data, diperlakukan suatu alat yang disebut modem (modulator demodulator) yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, maupun sebaliknya.


ada 4 komponene penting pada komunikasi jaringan komputer
Sender : suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi.
 Protokol : sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.
Media transmisi : media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data

Receiver : Receiver (penerima pesan) adalah pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirimkan oleh sumber (komunikator). Pertama tama sender mengirimkan sinyal informasi menuju receiver melalui protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua di decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver dalam hal ini protokol dapat di istilahkan seperti penerjemah informasi data.

KOMUNIKASI PADA JARINGAN TELEPON
1.JARINGAN TELEPON KABEL
Telepon kabel menggunakan sistem wireline. sehingga membutuhkan kabel supaya dapat berfungsi .

Cara kerja telepon kabel :

  • Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone 
  • Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik kemudian disalurkan oleh perangkat telepon 
  • Sinyal tersebut disalurkan melalui kabel ke pusat telekomomunikasi 
  • Dari pusat telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan kepada penerima 
  • Setelah sampai ke penerima, maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker. 
2.JARINGAN PADA TELEPON SELULER
Telepon seluler menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler

cara kerja telepon seluler:


  • Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone 
  • Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian dipancarkan oleh pnsel ke bts terdekat 
  • Sinyal tersebut diterima oleh bts dan sinyal tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi 
  • Dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada bts terdekat kemudian diteruskan ke si penerima.
  • Setelah sampai kepada penerima , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.
PERANGAKAT KOMUNIKASI PADA JARINGAN KOMPUTER DAN TELEPON

PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER
Perangkat Keras Jaringan Komputer adalah 2 perangkat atau lebih yang terhubung di suatu jaringan dan saling berkomunikasi. Tujuannya yaitu agar komputer satu dengan lainnya dapat mengirim atau menerima data, bisa berupa file atau lainnya.


Sama seperti komputer, untuk mengoperasikannya membutuhkan software dan juga hardware, berikut adalah hardware untuk jaringan komputer dan juga fungsinya

MODEM{MODULATOR DEMODULATOR

Modem merupakan perangkat yang menguhubungkan kita ke internet, cara kerjanya yaitu menterjemahkan sinyal analog ke sinyal digital. Fungsi dari modem sendiri adalah menterjemahkan sinyal analog ke digital. Mengapa membutuhkan modem? Karena komputer kita tidak mengerti sinyal analog, dia hanya mengerti sinyal digital.
Simpelnya ketika kita ingin mengirim data ke luar maka kita akan mengirim sinyal digital ke modem, lalu modem akan menterjemahkan sinyal tersebut ke sinyal analog dan mengirimnya ke luar bisa ke radio atau lainnya.

Jika saat kita ingin mendownload, yang terjadi adalah modem menerima sinyal analog dari luar lalu dirubah dahulu ke sinyal digital dan baru dikirim ke komputer.

Kabel Jaringan

Kabel jaringan berfungsi sebagai media jalannya data, atau tempat jalannya jaringan belalu lalang.
Berikut adalah jenis jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer :
  • Twisted Pair (UTP dan STP)
  • Coaxial
  • fiber optik
 Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card adalah perangkat yang menghubungkan antara komputer dengan jaringan, tanpa kartu ini, komputer kita tidak akan bisa terhubung ke suatu jaringan, karena didalam NIC ini terdapat identitas yang dimana identitas itu berfungsi agar komputer kita dapat dikenali disuatu jaringan. Biasanya NIC ini sudah terintegrasi di motherboard, namun tidak semua motherboard terdapat NIC, bahkan seiring dengan kemajuan zaman NIC ini bisa ditancapkan langsung ke USB.

 Konektor

Konektor berfungsi sebagai penghubung antara Kabel dengan Network Adapter (NIC), jika tidak ada Konektor maka kabel akan dihubungkan ke mana? Maka dari itu dibutuhkan Konektor.

HUB 

Hub berfungsi sebagai penerus data sama seperti switch, jika switch dapat meneruskan data ke port khusus sedangkan hub meneruskan data langsung ke semua port. Jadi saat data dikirim ke hub, maka hub akan meneruskan data tersebut langsung ke semua port.
SWITCH

Switch berfungsi sama seperti hub, hanya saja di swicth kita dapat meneruskan data ke port khusus. Cara kerja switch adalah memproses informasi pada lapisan data link, informasi yang dicek adalah Mac address dari setiap perangkat yang terhubung ke switch.
REPETAER

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal, contohnya sinyal wifi. Cara kerjanya adalah menangkap sinyal wifi lalu memancarkan kembali sinyal tersebut dengan rentang kekuatan sinyal yang ditangkap repeater.

BRIDGE

Bridge berfungsi sama seperti Repeater yakni memperkuat sinyal, Namun bridge disini lebih cerdas karena dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Misalnya Bridge dapat menyambungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.
ROUTER

Router berfungsi sebagai penghubung antar jaringan yang berbeda. Router ini lebih cerdas dibandingkan switch karena Router akan memilih tempat jalannya data yang terbaik sehingga paket data dikirim lebih efisien dan tanggap.

Perangkat Jaringan Telepon
Perangkat jaringan komputer adalah Jaringan yang saling terhubung antar Telepon menggunakan jaringan radio atau lainnnya. Biasanya jaringan telepon digunakan untuk saling telepon suara bahkan video.

Berikut adalah perangkat perangkat yang digunakan jaringan telepon :

1. Base Transceiver Station (BTS)


Base Transceiver Station atau yang biasa disingkat atau kita kenal BTS adalah sebuah piranti yang menghubungkan antara perangkat komunikasi yang biasa kita sebut handphone dengan jaringan operator.

2. Base Station Controller (BSC)

Base Station Controller atau disingkat BSC merupakan Otak atau Commander dari para BTS, Jadi yang mengontrol para BTS itu BSC yang letaknya berada di indoor biasanya digabung dengan gedung seluler dengan core lainnya. 1 BSC biasanya dapat mengatur ratusan BTS


3. Mobile Switching Center (MSC)

Mobile Switching Center disingkat MSC adalah merupakan titik penyampaian atau penyambungan utama untuk teknologi GSM, bertanggung jawab untuk menghandle beberapa panggilan suara dan SMS sebaik mungkin dengan layanan – layanan yang lain (seperti conference calls, FAX dan circuit switched data). MSC membangun dan merealisasikan hubungan end-to-end , mengatur pergerakan pengguna and permintaan handover selama panggilan berlangsung dan melakukan penghitungan dari biaya dan juga monitorig dari pencatatan penggunaan layanan.

4. Short Message Service Center (SMSC)

Short Message Service Center  adalah kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak yang bertanggung jawab memperkuat, menyimpan dan meneruskan pesan pendek antara SMS dan piranti bergerak. SMSC harus memiliki kehandalan , kapasitas pelanggan, dan throughput pesan yang tinggi. Selain itu, SMS juga harus dapat diskalakan dengan mudah untuk mengakomodasikan peningkatan permintaan SMS dalam jaringan yang ada. SMSC mentransfer pesan dalam format Point to point pada sistem yang melayani.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH

0 comments:

Post a Comment